Meski tampak tidak terlalu krusial, desain kemasan produk tentu bisa jadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.
Saat ini, banyak desain kemasan produk yang bisa di jadi referensi, mulai dari kemasan simpel yang mempermudah konsumen hingga kemasan yang ramah lingkungan. Agar terlihat menarik, berikut 5 tips mendesain kemasan produk yang perlu diperhatikan
1. Pilih desain sederhana
Cara pertama agar kemasan produk menarik adalah dengan membuat desain yang sederhana. Tak hanya tampak minimalis, Dari segi visual, desain yang sederhana justru terlihat elegan dan berkelas, serta lebih unik dan menarik perhatian.
2. Sesuaikan desain dengan target pasar
Tentunya ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan salah satunya adalah target pasar. Misalnya, target pasar usaha kamu adalah perempuan, kamu bisa menghadirkan desain kemasan yang terasa lebih feminin, dengan memilih warna-warna yang lebih lembut seperti warna-warna pastel. Sementara untuk target pasar laki-laki, kamu bisa memakai warna-warna netral atau warna solid.
3. Buat tulisan yang singkat dan jelas
Dalam menulis informasi produk, usahakan menyusun kalimatnya secara efektif sehingga meski tulisannya singkat, informasinya jelas. Misalnya informasi pada kemasan makanan jadi siap konsumsi, tambahkan informasi yang penting saja seperti informasi “halal” atau tanggal kadaluarsa produk.
4. Buat kemasannya mudah dibuka dan dibawa
selain bisa menjaga produk, kemasan tersebut juga aman serta mudah dibawa dan dibuka oleh konsumen.
Ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, karakteristik produk yang akan dikemas, apakah mudah rusak atau pecah misalnya, serta ukurannya juga harus dipertimbangkan. Kedua, minat konsumen itu sendiri. Dua informasi ini akan membantu kamu dalam memilih desain kemasan yang paling sesuai.
5. Pilih bahan yang tepat
Yang terakhir adalah Tidak semua bahan cocok digunakan untuk mengemas suatu produk. Contoh bahan styrofoam biasa tidak bisa dipakai membungkus cairan atau makanan berkuah karena berpotensi rembes atau bocor.
Salah satu jenis bahan kemasan yang sangat disarankan sekarang adalah packaging makanan yang ramah lingkungan. Tujuannya jelas untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan, termasuk mengurangi limbah kemasan itu sendiri. Kemasan ramah lingkungan juga menjadi daya tarik bagi sebagian besar konsumen sekarang karena menunjukkan citra baik dari produk dan usaha kamu.
Demikian lah pembahasan singkat mengenai cara-cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan pemasaran produk di media sosial, perbanyak membaca karna dengan membaca dapat menambah wawasan temen-temen.
Dan bagi teman-teman yang ingin membuat buku tahunan, undangan, brosur, dan yang lainnya bisa langsung menghubungi kami, kami Retina Production membantu siap teman-teman semua, mulai dari desain sampai hasil yang memuaskan sampai di tangan kalian.
Demikian artikel ini kami buat referensi akurat yang telah kami analisa dan ringkas kembali sehingga dapat dibaca serta bermanfaat untuk para pembaca.
Hubungi Retina Production jika membutuhkan jasa/layanan di bidang multimedia.
Retina Production , “Kami Jadikan Momen Anda Abadi Selamanya”
Kontributor : Ricki Wahyu